Senin, 28 Oktober 2013

Syarat ke-5, Berdiri Sendiri


Syarat ke-5, Berdiri Sendiri
Tuhan adalah pencipta segala sesuatu. Adalah sesuatu yang tidak memiliki permulaan. Yang tidak memiliki akhir, dan tiada tanding.
Dengan segala keistimewaan-Nya, logika menyatakan bahwa Tuhan yang tiada tanding, Yang Maha segala-galanya tidaklah membutuhkan sesuatu pun. Karena Dia mampu melakukan segala-Nya. Dan memang tidak mungkin Dia membutuhkan sesuatu. Termask sembahan dari kita.
Tuhan sejati memiliki derajat ke-Tuhan-an yang absolut, yang tetap dan tak kan berubah oleh apa pun. Juga tak terpengaruh oleh sesuatu pun.
Kalaupun seluruh manusia di dunia ini tak mau menyembah-Nya, martabat-Nya sebagai Tuhan tak kan berkurang. Begitu pula sebaliknya. Meskipun seluruh manusia dan makhluq yang lain menyembah Dia, derajat ke-Tuhan-an-Nya pun juga tak kan berubah.
Dia adalah Tuhan yang mutlak, yang sempurna, tiada tanding. Dia tak membutuhkan anak untuk merawatnya di kala tua, karna Dia tak kan tua. Juga tak perlu istri untuk memiliki anak. Karna Dia mampu menciptakan segalanya. Bahkan Dia tak perlu menjelma menjadi manusia untuk memplokamirkan diri-Nya sebagai Tuhan. Karna Dia adalah Tuhan.
Bagaimana pun juga, seekor sapi tetaplah sapi, meskipun dia mampu berbicara layaknya manusia. Begitu pula manusia. Meski dia memiliki cacat, dia akan tetap menjadi manusia.
***
Tuhan sejati bukanlah sesuatu yang membutuhkan kita. Bukan sesuatu yang gila hormat yang ingin dipuja dan dipuji. Tidak pula butuh disembah. Justru kita sebagai ciptaan-Nya, membutuhkan Dia agar tetap bertahan hidup. Mestilah kita bersyukur atas segala pemberian-Nya, anugrah-Nya.
Carilah Tuhan sejati. Jika masih belum kau temukan, ikuti syarat selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar